Jumat, 27 Juni 2008

Majalah Pengusaha


Salon Anjing Mobile, Piaraan Cantik, Pasar Asyik
Tuesday, 21 August 2007
Henny M. PangadjajaLantaran selalu kewalahan melayani order dari pelanggan, Henny berencana untuk mewaralabakan Happy Pets Grooming. Wiyono  

If you need a friend, buy a dog. Meskipun ungkapan itu awalnya hanya berasal dari sebuah film namun sedikit banyak  memberikan gambaran satu sisi gaya hidup manusia sekarang, gemar memelihara binatang kesayangan terutama anjing. Masyarakat moderen yang cenderung bersifat individualistis pada akhirnya menyisakan ruang kosong atas kebutuhan berinteraksi serta berteman. Sementara itu komplementasi yang dianggap paling mudah serta aman untuk melampiaskan perasaan kesepian tersebut yaitu melalui binatang piaraan. Dan bukan cuma terjadi di luar negeri saja, budaya semacam ini juga mulai berkembang pada masyarakat metropolis di Indonesia.
Bila kurang percaya silahkan tengok, setiap akhir pekan hampir semua pet shop di Jakarta dan kota-kota besar lain pasti ramai dikunjungi orang. Dari beragam hewan piaraan yang ditawarkan, mulai dari anak anjing, kucing, ikan, kura-kura, burung, hamster, hingga binatang reptil seperti ular dan iguana, yang paling banyak tersedia dan diminati sebagai teman setia pastilah anjing, setelah itu baru kucing ras. 

Dari kaca mata yang sedikit berbeda Henny M. Pangadjaja melihat bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat yang mulai membaik menjadi alasan mengapa para pecinta anjing piaraan makin marak. Kini mereka tidak lagi menganggap anjing sebagai barang mewah dan butuh perawatan mahal. Pengusaha salon anjing dengan model keliling sejak tahun 2001 ini juga menengarai walaupun masih di bawah Singapura atau Malaysia, bahkan Thailand, tetapi tingkat kesadaran merawat binatang peliharaan pun mulai menanjak. “Salon sudah mulai membudaya, bahwa kebutuhan merawat anjing bukan hanya pada waktu sudah kelihatan amat kotor sehingga tidak dapat memandikan sendiri, melainkan merupakan kebutuhan rutin. Sebab bagaimana anjingnya mau bagus kalau perawatan hanya dilakukan setelah kelihatan jelek, paling-paling salon hanya bisa menggunduli saja,” pemilik Happy Pets Grooming ini berujar. 

Sesuai dengan namanya Henny menyediakan jasa grooming hewan piaraan. Yang agak berbeda salon miliknya dijalankan dengan sistem mobile.  Costumer tidak perlu repot-repot membawa binatang yang hendak didandani tersebut keluar rumah, sebaliknya karyawan salon yang akan mendatangi beserta peralatan lengkap. Pemilik hewan tinggal mengangkat  telepon maka akan segera dibuatkan jadwal sesuai daftar. Secara garis besar terdapat dua jenis perawatan. Standard grooming atau pelayanan standar yakni memandikan, membersihkan telinga, menggunting kuku, serta cukur bulu. Sedangkan layanan eksklusif adalah layanan standar ditambah dengan perawatan hair spa bagi si binatang kesayangan.  

Untuk layanan standar tersebut tenaga operasionalnya berjumlah dua orang dan biasanya cukup dengan memakai sepeda motor yang dilengkapi boks peralatan di belakangnya. Agar tampak menarik bentuknya didesain berbentuk anjing sehingga tampak menyolok mata. Sedangkan untuk melayani perawatan dengan hair spa disediakan mobil salon berupa jenis kendaraan kijang kapsul yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk keperluan tersebut. “Nanti anjingnya dimandikan di dalam mobil, sedangkan yang memakai motor, tuan rumah yang menyediakan tempat, cukup di garasi atau di kamar mandi,” jelas Henny. 
Ibarat pucuk dicinta ulam tiba, bisnis yang menyajikan kemudahan biasanya mendapatkan respon positif. Demikian pula salon anjing mobile ini pun banyak peminatnya.  Sebab pelanggannya cukup menunggui di rumah, selain itu  anjingnya tidak takut terkena stress atau ketularan kutu dari binatang lain. Apabila sudah berhadapan dengan kualitas maka besar kecilnya tarif biasanya menjadi relatif. Biaya sekali perawatan sebesar Rp 50 ribu-Rp 150 ribu. Standar harga tersebut berdasarkan jenis layanan, jenis anjing, dan besar kecilnya. “Binatang berbulu tebal agak lebih mahal, sebaliknya anjingsmooth yang pendek biayanya juga lebih murah,” paparnya.

Tidak ada komentar: